5 Hal Yang Mejadi Penyebab Bau Mulut Tidak Hilang

5 Hal Yang Mejadi Penyebab Bau Mulut Tidak Hilang

Pastinya semua orang harus rajin gosok gigi agar mulut dan gigi sehat. Namun yang paling penting dari gosok gigi adalah supaya tidak bau mulut. Meski demikian, ternyata beberapa orang tetap bau mulut meski sudah rajin gosok gigi. Oleh sebab itu, ketehui beberapa penyebab bau mulut yang anda derita.

Sudah Rajin Gosok Gigi, Mulut Tetap Bau !! Segera Kenali Penyebab Bau Mulit Yang Tidak Kunjung Hilang Juga !!

Pada saat mulut bau, maka kebanyakan orang akan menjadi lebih rajin menggosok gigi. Meski rajin menggosok gigi, itu tidak cukup. Perlu obat kumurt juga untuk bisa menghilangkan bau mulit. Tapi obat kumur juga kurang efekif dan bau mulut tetap saja ada.

Bau mulut yang tidak kunjung sembuh bisa diebabkan oleh penyebab bau mulut. Berikut ini adalah beberapa penyebab bau mulut yang tak kunjung hilang meski sudah rajin gosok gigi :

1. Mulut Kering

Sudah rajin sikat gigi namun mulut tetap bau, maka bisa jadi mulut anda kering. Selain itu, tanpa sadar air liur yang sedikit itu bisa menyebabkan mulut bau.

Air liur atau yang disebut saliva ini punya manfaat untuk menjaga kesehatan gigi, mulut dan napas. Air liur juga dapat melumatkan makanan, cairan ini memang bagus untuk membilas sisa-sisa makanan dan bakteri dari mulut.

Apabila air liur yang keluar sedikit, maka bakteri dan kuman akan berasarang di mulut sehingga membuat mulut anda bau.

2. Infeksi Pada Mulut, Lidah Dan Tenggorokan

Bau mulut yang tidak kunjung subuh ternyata bisa idisebabkan infeksi pada mulut, hidung, tenggorokan. Pada orang yang sedang sakit sinusitis, post-nasal drip, atau sakit tenggorokan, maka akan mudah mengalami masalah bau mulut.

Jadi begini, infeksi itu terjadi karena bakteri. Kemudian lendir yang ada di mulut di makan oleh bakteri, padahal seharusnya lendir ini bertahan melawan infeksi, maka akibatnya timbul bau busuk dan membuat bau mulut.

3. Asam Lambung Naik

Bau mulut tidak hanya meliputi daerah mulut dan gigi saja, namun bisa juga lambung. Ya benar, asam lambung yang naik dapat sebabkan bau mulut.

Asam lambung sendiri adalah kondisi asam pada lambung yang naik ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan tenggorokan.

Ketika ini terjadi, maka akan terasa mulas pada perut dan mulut pahit. Kemudian efek lainnya adalah mulut yang bau.

4. Karena Obat Tertentu

Apakah anda sedang mengkonsumsi obat tertentu ?Karena bisa jadi obat yang anda konsumsi itu membuat anda bau mulut.

Pokoknya ada beberapa obat yang memberikan efek mulut kering. Nah, karena mulut jadi kering maka bisa sebabkan bau mulut.

Jadi, walau sudah rajin menggosok gigi, namun kalau anda masih mengkonsumsi obat tersebut, maka sia-sia saja, karena mulut anda tetap akan bau. Namun, tetap rajin menggosok gigi untuk kesehatan mulut dan gigi.

Selain menyikat gigi, anda juga sebaiknya harus rutin membersihkan lidah dengan alat pembersih lidah tentunya. Membersihkan lidah dapat membantu mengurangi bau mulut, setidaknya untuk sementara waktu.

5. Merokok

Merokok itu rasanya memang sangat nikmat dan bikin ketagihan. Namun semua kebiasaan anda yang rajin menggosok gigi akan sia-sia jika merokok.

Merokok dapat membuat produksi air liur berkurang sehingga membuat bau mulit. Kemudian dapat membuat bakteri berkembang biak sehingga bau mulut. Selanjutnya merokok juga bisa tingkatkan risiko penyakit gusi. Nah, ketika mulut kering dan terkena penyakit gusi, maka akan membuat mulut tetao bau walau anda rajin sikat gigi.

Jadi itulah beberapa penyab bau mulut yang tak kunjung hilang. Semoga informasi kesehatan ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top