Cara Sehat Mengurangi Porsi Makan Tanpa Harus Kelaparan

Cara Sehat Mengurangi Porsi Makan Tanpa Harus Kelaparan

Ketika anda ingin mengurangi berat badan, maka cara pertama yang akan anda pikirkan adalah mengurangi porsi makan. Untuk orang yang sudah biasa makan dengan porsi besar, maka ini akan menjadi hal yang sulit. Oleh sebab itu, anda perlu melakukan beberapa tips mengurangi porsi makan yang akan saya jelaskan di artikel ini.

Kurangilah porsi makan anda secara perlahan, jangan sekaligus karena akan menyiksa. Nantinya juga nafsu makan anda akan perlahan menyesuaikan dengan porsi makan anda. Jangan takut kelaparan, rasa lapar hanya dorongan sugesti nafsu makan anda. Karena sebenarnya anda tidak lapar, itu hanya sugesti.

Tips Mengurangi Porsi Makan

Untuk dapat mengurangi porsi makan, maka pintar-pintarlah dalam memilih makanan yang anda makan saat ingin mengurangi porsi makan.

Perlu anda ketahui, kalau makanan yang anda konsumsi bisa memengaruhi tingkat kekenyangan anda. Nah, berikut ini adalah beberapa cara supaya anda bisa mengurangi porsi makan :

1. Konsumsi Sayur Dan Buah Sebelum Karbohidrat

Banyak riset membuktikan bahwa rasa kenyang itu dipengaruhi oleh jumlah makanan yang anda makan, jadi bukan banyaknya kalori yang masuk ke tubuh. Nah, maka sayur dan buah bisa anda makan dengan jumlah yang banyak tanpa khawatir memasok kalori berlebihan.

Sayur dan buah adalah kelompok makanan dengan kandungan serat tinggi, maka bisa membuat anda kenyang lama. Anda juga jangan cemas jika mengkonsumsi dalam jumlah banyak, sebab walau dikonsumsi banyak, sayur dan buah punya kalori yang relatif sedikit. Setidaknya, cukup konsumsi sayur dan buah yang banyak dan anda tidak perlu takut merasa lapar lagi.

2. Pakai Piring Kecil

Kalau anda menggunakan piring yang besar, maka anda pasti akan memperbanyak porsi makan. Ini nyata dan memang terbukti terjadi, ternyata ukuran piring sangat berpengaruh terhadap porsi makan. Ini terjadi karena orang akan cenderung mengisi piring mereka dengan makanan sekitar 70%, tentu ukuran piring yang digunakan sangat berperanguh, begitulah menurut penilitian.

Maka, apabila anda ingin mengurangi porsi makan, silakan anda gunakan ukuran piring yang kecil. Sehingga, secara tidak sadar porsi makan anda akan ikut berkurang, ini memang unik 😀 Namun tidak hanya itu, warna piring juga sangat berpengaruh terdapap banyaknya makanan yang anda konsumsi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Cornell University pada tahun 2012 yang lalu, ketika piring dan makanan punya kontras warna tidak mencolok, maka orang cenderung akan makan lebih banyak. Maka kalau anda mau mengurangi porsi makan, tentu anda bisa memilih warna piring yang berbeda dengan rata-rata warna makanan yang anda konsumsi.

3. Harus Ada Sumber Protein Di Piring Makanan Anda

Banyak para peneliti yang sudah membuktikann bahwa makanan sumber protein dapat meningkatkan rasa kenyang yang besar, jika dibandingkan dengan karbohidrat atau lemak, protein lebih mengengyangkan dan tahan lama. Maka hal ini dapat membuat anda bisa mengurangi porsi makanan.

Harus ada sumber protein di piring makan anda setiap anda mau makan. Namun, pilih juga makanan dengan protein yang mengandung lemak rendah seperti, ikan, seafood, telur, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

4. Ngemil Dulu Snack Tinggi Serat Dan Protein Sebelum Makan

Ngemil snack itu sehat kokk, justru dengan ngemil sebelum makan akan membuat anda terhindar dari makan kalap atau berlebihan.

Pilih camilan sehat yang punya serat dan protein tinggi, misalnya yang dibuat dari kacang kedelai. Berdasarkan penilitian medis terbaru, protein kedelai bisa membuat kenyang lebih lama karena punya serat dan protein yang tinggi. Konsumsi juga kedelai buat ngemil, supaya anda tidak banyak jajan yang tidak sehat dan mencegah lapar ketika malam.

Tidak hanya itu, protein kedelai juga rendah lemak, rendah karbohidrat, dan punya indeks glikemik yang rendah, jadi tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat setelah makan. Tentunya ini mencegah sekresi insulin yang berlebihan. Kadar gula darah dan insulin yang stabil bisa mengurangi rasa lapar dan dapat mengurangi jumlah kalori yang disimpan sebagai lemak tubuh.

5. Fokus Makan

Saat makan anda harus melakukan “mindful eating” atau fokus makan. Jadi ketaika makan anda harus terfokus makan dan jangan lakukan kegiatan lain. Maka saat makan, jauhi ponsel, televisi dan komputer. Hal ini akan membantu tubuh tetap merespin sinyal rasa lapar dan kekenyangan. Maka anda pun akan mampu merasakan kapan harus berhenti makan apabila sudah kenyang.

6. Sebelum Makan Minum Dulu

Perlu anda ketahui, kalau minum air putih sebelum makan akan membuat anda tidak makan berlebihan. Ini sudah terbukti dari penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang sebelum sarapan minum 2 gelas (500 ml) bisa makan 13% lebih sedikit jika dibanding mereka yang tidak minum dulu sebelum makan. Air putih mampu memuaskan dahaga anda sebelum makan tanpa harus meningkatkan kalori anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top